Fieldtrip dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas 5 & 6 di PPLH Puntondo Takalar
Pada tanggal 23-24 Oktober 2024, siswa kelas 5 dan 6 SD Madania Makassar mengikuti kegiatan fieldtrip yang penuh makna di Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Puntondo, Takalar. Kegiatan ini merupakan bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), di mana siswa tidak hanya diajak untuk menjelajahi alam, tetapi juga mempraktikkan nilai-nilai pelajar Pancasila melalui pembelajaran interdisipliner yang melibatkan eksplorasi lingkungan dan teknologi.
Menyusuri Pantai, Memahami Biota Laut
Di hari pertama, siswa diajak untuk menyusuri pantai dan mempelajari biota laut. Dengan panduan dari para pengelola PPLH Puntondo, mereka diperkenalkan pada berbagai spesies laut yang ada di wilayah pesisir, seperti terumbu karang, moluska, dan ikan-ikan kecil. Pembelajaran ini membuka wawasan siswa tentang pentingnya menjaga ekosistem laut yang rapuh serta peran manusia dalam upaya konservasi.
Para siswa juga diajak untuk langsung terlibat dalam kegiatan konservasi seperti membersihkan pantai dari sampah plastik dan belajar tentang upaya pemulihan ekosistem terumbu karang. Ini menjadi pengalaman nyata bagi mereka dalam memahami dampak pencemaran lingkungan terhadap biota laut.
Teknologi dan Lingkungan: Membangun Kesadaran Global
Kegiatan fieldtrip tidak hanya berfokus pada eksplorasi alam, tetapi juga menekankan pada pentingnya teknologi dalam menjaga dan memelihara lingkungan. Siswa mempelajari bagaimana teknologi dapat digunakan untuk melindungi ekosistem, seperti penggunaan sistem monitoring air laut dan metode pertanian berkelanjutan yang diterapkan di PPLH Puntondo.
Selain itu, mereka juga berdiskusi mengenai tantangan lingkungan global, seperti perubahan iklim dan pemanasan global, serta bagaimana teknologi bisa menjadi bagian dari solusi. Dengan pendekatan yang integratif, siswa belajar bahwa teknologi, jika dimanfaatkan dengan bijak, bisa berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem.
Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Melalui kegiatan ini, SD Madania Makassar menanamkan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila kepada siswa: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Gotong royong; Mandiri; Bernalar kritis; serta Kreatif. Pembelajaran tentang biota laut dan teknologi lingkungan ini mendorong siswa untuk lebih mandiri dalam belajar, bekerja sama dengan teman, dan berpikir kritis dalam menyikapi masalah lingkungan yang ada.
Selain ilmu yang didapat, siswa juga belajar mengenai nilai kebinekaan dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal di Puntondo, serta mengembangkan rasa empati dan kepedulian terhadap lingkungan melalui aksi nyata.
Refleksi dan Penutupan
Fieldtrip ini ditutup dengan sesi refleksi, di mana setiap siswa diminta untuk menuliskan atau menceritakan kembali pengalaman mereka. Banyak siswa yang mengaku lebih menyadari pentingnya menjaga lingkungan dan bersemangat untuk berkontribusi lebih banyak dalam melindungi alam.
Kegiatan ini bukan hanya sekadar perjalanan edukatif, tetapi juga pengalaman yang memperkaya jiwa dan menumbuhkan semangat cinta lingkungan pada setiap siswa, selaras dengan nilai-nilai Pancasila yang terus dijunjung tinggi oleh SD Madania Makassar.
Fieldtrip ini memberikan pelajaran berharga bahwa pendidikan bukan hanya soal buku dan teori, tetapi juga pengalaman nyata yang dapat membentuk generasi penerus bangsa yang lebih peduli terhadap lingkungan dan sekitarnya.